-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Cara Mencegah Banjir dengan Bijak, Biasakan Diri Dengan Hal-hal Berikut ini

4 Cara Mencegah Banjir dengan Bijak
4 Cara Mencegah Banjir dengan Bijak

PMPB Lombonga, 4 Cara Mencegah Banjir dengan Bijak - Hai teman-teman jumpa lagi dengan pmpblombonga.com pada kesempatan kali ini, kita akan membahas artikel mengenai cara mencegah banjir dengan bijak. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa banjir itu merupakan salah satu bencana alam yang sangat biasa terjadi, contohnya saja seperti di Indonesia. 

Bencana banjir selalu datang di hampir seluruh daerah yang ada di Indonesia pada saat turun hujan. Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi merupakan faktor utama terjadinya banjir. Tidak hanya itu saja, kelalaian manusia dalam menjaga serta melestarikan lingkungan juga menjadi salah satu faktor terjadinya banjir.


Cara Mencegah Banjir dengan Bijak

Meskipun banjir merupakan bencana alam yang sangat merugikan manusia, namun banjir juga dapat dicegah. Dan berikut adalah beberapa cara mencegah banjir dengan bijak.

Baca Juga : 4 Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Mencegah Banjir Dengan Cara membuang Sampah pada tempatnya
Membuang Sampah Pada Tempatnya, Sumber: sahabat.kemendikbud.go.id

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dengan bijak adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Kesadaran manusia dalam hal membuang sampah sangat diperlukan agar banjir dapat dicegah sejak sedini mungkin. Di luaran sana banyak sekali orang-orang yang sangat sering sekali membuang sampah sembarangan.

Alhasil sampah yang dibuang sembarangan akan berakhir di sungai. Pendangkalan pada sungai pun akan terjadi pada saat musim hujan. Aliran air akan terhambat karena sungai tidak memiliki ruang yang cukup untuk menampung air. Hal ini karena sampah sudah terlanjur menumpuk di sungai.

Karena volume air yang ada pada sungai sudah terlalu banyak, akhirnya air akan meluap dan dapat menyebabkan banjir. Oleh karena itu, biasakanlah untuk membuang sampah pada tempatnya agar banjir dapat dicegah


Membuat Saluran Air

Cara Mencegah Banjir dengan cara membuat saluran air
Membuat Saluran Air, Sumber: detik.com

Banjir biasanya terjadi karena adanya masalah dalam pembuangan air. Oleh karenanya membuat saluran air merupakan salah satu cara yang sangat bijak untuk dilakukan dalam pencegahan banjir. Saluran air yang dibuat juga tidak boleh terhubung ke sungai yang mati ataupun ke sungai yang buntu.

Saluran air harus terhubung dengan sungai yang memiliki aliran air yang lancar. Sehingga saat hujan tiba, air dapat langsung mengalir ke tempat yang tepat. Usahakan juga agar saluran air tidak tersumbat sampah. Hal ini dilakukan agar air dapat mengalir tanpa adanya satu masalah apapun.


Menanam Pohon Berbatang Besar

Cara Mencegah Banjir dengan cara menanam pohon berbatang besar
Menanam Pohon Berbatang Besar, Sumber: Kompas.com

Selain kedua cara di atas, cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dengan bijak adalah dengan menanam pohon. Namun menanam pohon saja tidaklah cukup. Pohon yang ditanam haruslah memiliki batang yang cukup besar. Hal ini dilakukan agar peresapan air dapat maksimal.

Tidak hanya itu saja, pohon berbatang besar juga memiliki akar yang cukup kuat dan dapat menciptakan rongga-rongga yang lebih baik. Alhasil air dapat diserap dengan sangat cepat oleh akar dan resapan air ke dalam tanah dapat lebih optimal. Karena semakin banyak dan cepat peresapannya, hujan yang datang dengan sangat deras sekalipun tidak akan pernah menjadi masalah.


Menciptakan Green Open Space

Menciptakan Green Open Space, Sumber: en.wikipedia.org

Dan cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dengan bijak adalah dengan menciptakan Green Open Space (Kawasan Terbuka Hijau). Bagi Anda semua yang belum tahu, kawasan terbuka hijau merupakan kawasan yang ditujukan khusus untuk penanaman pohon di area perkotaan. Hal ini juga sangat bagus sebagai pengganti hutan. Karena pada kota-kota yang cukup luas, jarak kota ke hutan lumayan cukup jauh.

Alhasil resapan air akan sangat sedikit. Sehingga sangat dibutuhkan sekali area tambahan dengan fungsi pengganti. Maka dari itu Anda bisa mengusulkan kawasan terbuka hijau di lingkungan sekitar tempat tinggal. Meskipun kelihatan sangat sederhana, namun dampak yang diberikan bisa sangat besar dalam mencegah datangnya banjir.

Baca Juga : Fenomena Alam Teraneh di Dunia

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah banjir dengan bijak. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan semoga dengan menerapkan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, bencana banjir tidak akan pernah terjadi. 

Jikapun terjadi, itu merupakan kehendak dari sang pencipta. Tugas manusia hanyalah menjaga serta melestarikan alam dengan sebaik mungkin agar bencana banjir dapat dicegah. 

Terimakasih telah membaca artikel di pmpblombonga.com. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share keteman-teman kalian ya.😊

Baca Juga : Tips Ampuh Jaga Kesehatan Fisik dan Mental di Masa Pandemi

Post a Comment for "4 Cara Mencegah Banjir dengan Bijak, Biasakan Diri Dengan Hal-hal Berikut ini"