-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Waspada 4 Penyebab Terjadinya Tanah Longsor di Indonesia

 


PMPB Lombonga, 4 Penyebab Terjadinya Tanah Longsor - Tanah longsor atau yang biasa juga disebut dengan istilah gerakan tanah merupakan suatu peristiwa alam yang terjadi akibat pergerakan batuan ataupun tanah dengan berbagai tipe dan juga jenis seperti jatuhnya bebatuan maupun gumpalan besar tanah.


Pada dasarnya tanah longsor disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama yaitu faktor pendorong yang mempengaruhi kondisi material itu sendiri. Sedangkan faktor kedua yaitu faktor pemicu yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.


Ciri-Ciri Akan Terjadi Tanah Longsor

Sebelum tanah longsor terjadi, ada beberapa ciri-ciri yang dapat dikenali. Dan berikut adalah beberapa ciri-ciri akan terjadi tanah longsor.


  • Setelah habis hujan biasanya akan tampak retakan pada lereng atau tebing
  • Kerikil akan tampak berjatuhan dan tebing terlihat kurang kokoh
  • Muncul mata air baru secara tiba-tiba
  • Genangan air yang timbul pada musim hujan akan lenyap saat akan terjadi tanah longsor
  • Pepohonan akan tampak miring
  • Halaman dan juga bagian dalam rumah akan ambles secara tiba-tiba


Jika beberapa ciri-ciri di atas sudah dapat dikenali, alangkah sebaiknya untuk mencari tempat yang lebih aman dengan segera agar dapat terhindar dari tanah longsor.

Perlu Kalian Ketahui Berikut 4 Cara Mencegah Banjir Dengan Bijak

Penyebab Terjadinya Tanah Longsor

Tanah longsor yang terjadi juga memiliki beberapa penyebab, dan berikut adalah beberapa penyebabnya.


1. Tingginya Curah Hujan

Curah hujan yang sangat tinggi merupakan salah satu penyebab pertama terjadinya tanah longsor. Hal ini disebabkan karena ketika musim kemarau panjang, tanah akan kering dan membentuk pori-pori. Karena kurangnya pasokan air, keretakan pada tanah pun akan terjadi.


Dampaknya akan terjadi pada saat hujan turun. Air akan masuk ke dalam rongga tanah dan juga pori-pori tanah yang terbuka tadi. Air hujan yang telah memenuhi rongga akan menyebabkan terjadinya pergeseran tanah. Erosi pada tanah pun akan terlihat dan akan mengakibatkan terjadinya tanah longsor.


2. Hancurnya Bebatuan

Hancurnya bebatuan juga merupakan faktor penyebab terjadinya tanah longsor. Pada umumnya, jenis batu yang sangat rentan terhadap longsor merupakan jenis bebatuan yang berada di lereng. Jenis batu tersebut yaitu batu sedimen kecil dan batu endapan yang berasal dari gunung berapi.


Batu pada lereng memiliki sifat lapuk dan tidak memiliki kekuatan yang cukup baik. Sehingga akan sangat mudah sekali hancur menjadi tanah. Hal inilah yang menjadi pemicu utama terjadinya tanah longsor. Untuk itu, hindarilah tinggal di daerah lereng agar dapat terhindar dari tanah longsor.


3. Tumpukan Sampah

Selain kedua penyebab di atas, penyebab lain yang mengakibatkan terjadinya tanah longsor yaitu karena tumpukan sampah. Tumpukan sampah ternyata tidak hanya menjadi pemicu terjadinya banjir saja, melainkan juga dapat menjadi pemicu terjadinya tanah longsor. Sampah akan menjadi pemicu terjadinya tanah longsor jika sudah menggunung.


Terlebih jika ditambah dengan tekanan air hujan berintensitas tinggi. Tentu akan membuat tanah longsor dapat terjadi sewaktu-waktu. Menjaga kebersihan tentunya sangat wajib untuk dilakukan guna mencegah terjadinya tanah longsor, salah satunya yaitu dengan rajin membuang sampah pada tempatnya dan tidak membiarkannya menumpuk dalam jumlah yang cukup banyak.


4. Hutan Gundul

Dan penyebab terjadinya tanah longsor yang terakhir yaitu karena hutan gundul. Penebangan hutan secara liar akan mengakibatkan hutan gundul yang akan berdampak pada terjadinya tanah longsor. Karena biasanya pepohonan yang ada di areal lereng bukit dan juga hutan memiliki akar yang sangat bermanfaat untuk menyimpan air dan juga menjaga struktur tanah.


Alhasil tanah akan menjadi tetap kokoh dan dapat mencegah terjadinya tanah longsor. Maka dari itu untuk mencegah terjadinya tanah longsor, hindarilah tindakan menggunduli hutan. Jikapun sudah terlanjur dilakukan, maka lakukanlah rebosiasi dengan melakukan penanaman hutan kembali.


Itulah sekilas ulasan tentang beberapa penyebab terjadinya tanah longsor. Semoga dengan beberapa ulasan di atas tadi, kita bisa memahami penyebab-penyebab terjadinya tanah longsor agar terhindar dari Bencana tersebut !


Banyak yang Belum Tahu Fenomena Alam Teraneh di Dunia Berikut ini!

Terima kasih telah berkunjung di Blog PMPB Lombonga, jangan lupa beri komentar dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan share artikel ini ke teman-teman kalian yaa..


Post a Comment for "Waspada 4 Penyebab Terjadinya Tanah Longsor di Indonesia"