-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

APA ITU INSECURE ? Pahami Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya

APA ITU INSECURE ? Pahami Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya
Insecure dan Cara Mengatasinya


Balaesang, PMPB LombongaAPA ITU INSECURE ? Pahami Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya. Insecure  merupakan perasaan tidak aman. tidak aman yang di maksud adalah kondisi dimana kita merasa takut, gelisah, dan malu secara berlebihan sehingga membuat kita tidak percaya diri. Faktor ekonomi, warna kulit, bentuk tubuh, tinggi dan berat badan bisa saja menjadi faktor penyebab insecure. Hal ini sangat wajar untuk dirasakan tapi tidak boleh berlarut-larut karena dapat mempengaruhi kesehatan mental dan lingkungan kita.


Penyebab seseorang merasa insecure :

1.    Bentuk fisik

Pola pikir orang indonesia cantik dan ganteng itu harus putih dan mulus. padahal itu semua bisa dilihat dari berbagai sisi, salah satunya dari attitude/tingkah laku. Orang tunawisma saja bisa berhasil dan membuktikan bahwa bukan cuma mereka yang punya kelebihan saja yang bisa bangkit.


2.    Rasa tidak ingin gagal

Setiap orang tentunya tidak ingin merasakan kegagalan. Kamu sudah mencoba? namun gagal?  ini jauh lebih baik dibandingkan dengan orang-orang yang hanya berpikir tanpa mau bergerak. sesungguhnya teori tanpa praktek itu sama dengan halusinasi. Jadi untuk kamu yang berada di fase ini teruslah berbuat karena kegagalan adalah tangga menuju keberhasilan.


3.    Merasa rendah diri/echoist

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. kamu tidak harus jadi seperti dia agar dilirik banyak orang. Tumbuhkan rasa percaya diri bahwa kau tidak harus jadi seperti orang lain. Jadikan dirimu sebagai contoh yang baik.


4.    Negatif thinking terhadap pendapat orang lain

Beberapa orang takut untuk mengubah dirinya untuk menjadi lebih baik, ia takut akan penilaian negatif dari banyak orang. Setiap orang punya hak untuk mengomentari hidupmu tapi kamu juga punya hak untuk tidak mendengarkan.

Intinya buang semua pikiran yang dapat menghambat langkahmu untuk menjadi yang lebih baik lagi. Jadikan komentar orang lain sebagai cambuk agar dirimu bisa jadi lebih baik.


5.    Merendah untuk meroket

Kebiasaan ini dapat menyebabkan rasa insecure  oleh banyak orang. Salah satu contoh yang sering terjadi "seorang perempuan mengunggah fotonya di media sosial dengan caption 'aku tidak secantik cewe lain' padahal foto yang dia unggah sangat kelihatan cantik, tidak berjerawat, nampak glowing, dengan  hidung dan bibir yang mendekati bentuk sempurna.

Jika bentuk seperti itu saja dia merasa kurang lalu bagaimana dengan kami yang memilik banyak kekurangan fisik?

Dari kelima faktor diatas mungkin kamu sering mengalaminya. Hal tersebut sangat wajar untuk dirasakan oleh setiap pribadi. Namun, rasa insecure  yang berlebihan dapat menghambat seseorang untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara maksimal.

Jadi apa salahnya jika kita mengatasinya agar kita dapat berkembang.

Baca juga : Luangkan 30 menit sehari untuk membaca


Cara Mengatasi Insecure :

Jika kamu mengalami rasa insecure  yang berlebihan, coba terapkan tips berikut ini agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat kebiasaan ini

1.    Perbaiki attitude/tingkah laku

Mulai sekarang berusahalah untuk memperbaiki tingkah laku. Belajar mengontrol emosi dan bersikap tenang terhadap tindakan yang ingin kamu lakukan. Selain itu, lakukan kegiatan positif yang membangun karakter, seperti mempelajari skill baru dan membantu orang lain yang lagi kesusahan.


2.    Positif thinking

Cobalah untuk terus berpikir positif tentang apa pun yang terjadi dalam hidupmu. Buang semua perasaan-perasaan negatif, seperti rasa khawatir, rasa bersalah, dan rasa takut, yang bisa menguras energi.


3.    Percaya diri

Untuk mengatasi perasaan insecure   tidaklah instan. Ini adalah perjalanan yang panjang, jadi persiapkan langkah-langkah kecil untuk membangun kepercayaan dirimu.  Katakanlah pada diri sendiri hal-hal baik yang dapat memulihkan kepercayaan diri.


4.    Hargai diri sendiri

Terkadang, kita menilai diri sendiri terlalu keras. Ketika insecure , kita harus bisa menerima kenyataan kalau kita sedang merasa insecure  sembari mencari cara untuk mengatasinya. Belajarlah menghargai diri sendiri terhadap apa yang kita lakukan.


5.    Selalu berinteraksi pada banyak orang

Sebagai mahkluk sosial, tentunya kita perlu berinteraksi satu dengan yang lainnya. Jadi, bersikaplah sebagaimana orang pada umumnya, lakukan interaksi dengan orang-orang disekitarmu.


6.    Hindari pergaulan yang menyebabkan insecure

Teman atau pasangan yang buruk kerap melontarkan komentar negatif yang tidak membangun. Meskipun alasannya “untuk kebaikanmu sendiri”, padahal komentar tersebut bisa membuatmu menjadi insecure  .

Mulai sekarang, hindari orang-orang yang memiliki perilaku tersebut, dan Temukan lingkungan pertemanan yang dapat memberikan respons positif dan membangun.


Buah durian yang berduri saja disukai banyak orang karena buahnya yang manis. Artinya, jangan hanya melihat dari satu sisi saja  karena mungkin di sisi lain terdapat kelebihan kita yang bermanfaat bagi orang lain. Maka dari itu kenali dan cintai diri sendiri.

So, bersikaplah percaya diri tapi jangan sampai narsis. Merendahlah tapi jangan sampai echoist. bersikap sesuai porsi karena sesuatu yang berlebihan akan berdampak buruk. 

Stop Insecure! hidup adalah tantangan, penderitaan, kesepian, kegagalan, dan tangisan menuju bahagia. Semua ini membuat kita tabah dan kuat menghadapi tantangan hidup.

 

Semoga tulisan ini dapat membangkitkan rasa percaya diri kita dan membuang semua pikiran buruk yang dapat menghalang langkah kita untuk menjadi manusia yang lebih bermanfaat.

PMPBLombonga.com membuka kesempatan bagi kalian yang ingin berkontribusi dalam bentuk artikel untuk diterbitkan di website ini. Jadi tunggu apalagi, ayo salurkan bakatmu segera! Cara berkuntribusi.


Penulis : Shara Sakina

Sumber : alodokter & halodoc

Post a Comment for " APA ITU INSECURE ? Pahami Penyebab Insecure dan Cara Mengatasinya"