-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Luangkan 30 menit sehari untuk membaca

Luangkan waktu 30 dalam sehari untuk membaca
Membaca 30 Menit Sehari


Balaesang, PMPB Lombonga - Membaca adalah proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa tulis (Tarigan: 1984). Banyak orang mungkin bisa membaca namun hanya sedikit yang mau membaca. Hal inilah yang menjadi kendala kebanyakan orang hingga saat ini, yaitu kurangnya minat membaca. Coba kalian perhatikan gambar ilustrasi berikut.


"Disebuah ruangan terlihat beberapa siswa yang sedang belajar mengoperasikan komputer, tangan kanannya sedang mengotak-atik keyboard komputer sementara tangan yang satunya memegang buku panduan belajar komputer"


Pengertian Membaca

Dari kejadian diatas saya dapat menyimpulkan bahwa:

Membaca adalah salah satu cara memperoleh informasi maupun ide. Para siswa mampu memahami dan Berusaha mengoperasikan komputer hanya dengan membaca sebuah buku panduan.


Kebiasaan Membaca

Beberapa orang menganggap kebiasaan membaca adalah kegiatan yang monoton dan membosankan untuk dilakukan. Tapi tahukah kamu, bahwa seorang pengusaha sukses asal Amerika Serikat yang bernama Warren Buffet membaca sekitar 600 sampai 1.000 halaman perhari untuk memulai bisnisnya.

Nah, sekarang kamu tidak harus menjadi Warren Buffet untuk memperoleh informasi ataupun ide dari sebuah buku. 


Apa yang harus kamu lakukan?

Mungkin 3 langkah ini dapat membantu:

  • Jadwalkan diri untuk meluangkan  waktu 30 menit dalam sehari untuk membaca buku.
  • Pilihlah buku yang sesuai dengan masalah atau usaha yang ingin kamu jalani.
  • Fokus dan pahami isi dari buku yang telah di baca.

Di setiap bacaan terdapat makna yang dapat di ambil manfaatnya. Mungkin hari ini manfaat dari apa yang kamu baca belum dapat digunakan, tapi di esok hari kamu akan membutuhkannya.

"Biasakan diri dengan kebiasaan yang baik dan bermanfaat, Karena kebiasaan kecil dapat membawa perubahan yang besar"

Jadi tunggu apalagi, mulai sekarang luangkan waktu minimal 30 menit sehari untuk membaca!

Nah, demikianlah tulisan singkat ini mengenai 30 menit sehari untuk membaca, semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan minat baca kalian. 

PMPBLombonga.com membuka kesempatan bagi kalian yang ingin berkontribusi dalam bentuk artikel untuk diterbitkan di website ini. Jadi tunggu apalagi, ayo salurkan bakatmu segera! Cara berkuntribusi.


Penulis : Shara Sakina

2 comments for "Luangkan 30 menit sehari untuk membaca"