-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sejarah Terbentuknya PMPB Desa Lombonga

Sejarah terbentuknya PMPB Desa Lombonga

Sejarah PMPB Lombonga


Balaesang, PMPB Lombonga - Kabupaten Donggala adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah yang di mana pusat administrasi terletak di Donggala. Kabupaten Donggala memiliki 16 Kecamatan, 116 Desa, termasuk salah satunya Desa Lombonga Kecamatan Balaesang. 


Desa Lombonga

Desa Lombonga ini memiliki 6 dusun, dengan letak geografis dimana bagian Utara berbatasan dengan Desa Palau dan Desa Labean, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sirenja dan Labean, Sebelah Timur berbatasan Jl. Poros Palu – Toli-Toli, dan sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Lombonga dan Desa Walandano. 

Demografi Desa Lombonga

Peta wilayah desa lombonga kecamatan balaesang
Peta Wilayah Desa Lombonga Kecamatan Balaesang

Desa Lombonga memiliki luas Wilayah sebesar 867,5 Ha, dengan rincian batas wilayah yaitu dusun I memiliki luas 186 Ha, Dusun II memiliki Luas 85,8 Ha, Dusun III memiliki Luas 157 Ha, Dusun IV memiliki Luas 36,7 Ha, Dusun V memiliki luas 166 Ha, dan Dusun VI memiliki luas 236 Ha. Desa Lombonga memiliki jumlah penduduk ± 2363 Jiwa, Jumlah KK 625 KK, dan Jumlah Rumah 507 Rumah.

Peristiwa 28 September 2018

Pada Tanggal 28 September 2018 terjadilah bencana Gempa Bumi, Tsunami, dan Liquifaksi di Palu, Sigi dan Donggala. Dan Salah satu daerah yang terdampak bencana adalah Desa Lombonga Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Sehingga membuat para Relawan dari luar daerah ingin membantu masyarakat Desa Lombonga dalam hal pemulihan pasca bencana. Salah satu relawan tersebut adalah Tim Badan SAR & PB FK-KBPA BR.


Pembentukan PMPB Tingkat Dusun

Kamis 15 November 2018 dilakukan rapat pertemuan antar perangkat Desa dan Tim Badan SAR & PB FK-KBPA-BR yang menghasilkan kesepakatan terbentuknya PMPB (Pos Masyarakat Penanganan Bencana) di setiap Dusun di Desa Lombonga Kec. Balaesang Kab. Donggala Prov. Sulawesi Tengah yang bertujuan untuk pemulihan Pasca Bencana Gempa Bumi serta membina SDM (Sumber Daya Manusia) Masyarakat Pos. 


Rencana Pembentukan PMPB Desa

Setelah ± sembilan bulan terbentuknya PMPB tingkat Dusun, Pemerintah Desa Lombonga bersama Tim Badan SAR & PB FK-KBPA-BR berencana membentuk PMPB tingkat Desa dengan menyaring atau merekrut pengurus PMPB yang ada di tingkat Dusun.

Tim Badan SAR & PB FK-KBPA-BR dan Gabungan pengurus PMPB tiap Dusun melakukan pertemuan evaluasi PMPB pada tanggal 01 Agustus 2019. kemudian, Setelah ± 5 hari tepatnya pada tanggal 06 Agustus 2019 Pengurus PMPB tingkat Dusun dan Tim Badan SAR & PB FK-KBPA-BR melakukan inisiasi untuk membentuk calon penggurus PMPB tingkat Desa bertempat di Rumah Kencana Dusun IV untuk pendelegasian kepemerintah Desa Lombonga. 


Pembentukan PMPB Tingkat Desa

Dokumentasi Sejarah pembentukan PMPB Desa Lombonga
Dokumentasi pembentukan PMPB desa Lombonga Kec. Balaesang

Kamis 08 Agustus 2019, Pemerintah Desa Lombonga menetapkan dan membentuk pengurus PMPB tingkat Desa yang didampinggi oleh Tim Badan SAR & PB FK-KBPA-BR melalui Musyawarah Desa, dengan bertujuan sebagai mitra dari Pemerintah Desa dan menampung Aspirasi Masyarakat khususnya di Mitigasi Bencana serta mewujudkan desa Lombonga menjadi desa yang tangguh bencana dan mandiri.  


Baca juga : Tugas dan fungsi PMPB desa Lombonga

PMPB (Pos Masyarakat Penanganan Bencana) Desa Lombonga merupakan suatu organisasi atau lembaga kemasyarakatan desa yang membantu pemerintah desa dalam menampung aspirasi masyarakat serta merumuskan program penanganan bencana yang terjadi di desa yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.


Demikianlah sejarah terbentuknya PMPB desa Lombonga yang keberadaannya tetap eksis hingga sekarang. Bagi kalian yang ingin berpartisipasi dalam aksi kemanusian PMPB Lombonga silahkan hubungi kontak yang tertera dibawah. PMPB Lombonga juga melakukan Open Donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, terutama yang terkena musibah.

4 comments for "Sejarah Terbentuknya PMPB Desa Lombonga"

  1. Hebat Banget PMPB Lombonga, semoga selalu membumi dan selalu bisa memanusiakan manusia, salam kemanusiaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terimakasih atas supportnya. Itu sangat berarti untuk kami.

      Semoga langkah kami selalu dimudahkan untuk melakukan aksi-aksi kemanusiaan lainnya.

      Delete
  2. Mantap.. lanjutkan perjuangan demi masyarakat banyak tanpa pamrih...relawan kemanusiaan tidak di ukur dengan materi tapi sesungguhnya keikhlasan hati yang akan membawa keberkahan bagi diri kita keluarga dan orang banyak, ciptakan rasa aman bagi kluarga dan orang lain dengan ilmu ilmu yang kalian miliki..

    Semangat dan daya juang kalian luar biasa..

    Bravo....
    From
    Abah elvis/ ROMLI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap abah, terimakasih sudah berbagi ilmu selama ini.

      Aamiin, semoga langkah kami selalu dimudahkan untuk hal itu.

      Kami selalu berusaha
      Membentuk karakter pemuda yang tangguh dan inovatif.

      Menumbuhkan jiwa-jiwa kemanusiaan yang tinggi.

      Salam hangat kami: Pemuda Desa Lombonga

      Delete