-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan Terhadap Lembaga Negara

Pengertian dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan Terhadap Lembaga Negara
Sistem Pemerintahan


PMPB Lombonga, Sistem Pemerintahan- Pada kesempatan yang baik ini, pmpblombonga.com akan membahas artikel tentang sistem pemerintahan dan macam-macam Sistem Pemerintahan. Berbicara mengenai sistem pemerintahan tentunya tidak asing lagi ditelinga kita. 


Pengertian dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan 

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata sistem pemerintahan, namun apakah kalian sudah memahami apa sebenarnya sistem pemerintahan itu? Berikut penjelasannya.


Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem Pemerintahan berasal dari kata " Sistem " yakni satu kesatuan yang memiliki peran fungsional yang sama. Sedangkan " Pemerintahan " adalah lembaga atau organisasi yang memiliki wewenang penuh atas negara untuk membuat kebijakan serta norma hukum berdasarkan undang-undang.


Pengertian Sistem Pemerintahan adalah suatu kesatuan yang mempunyai peran fungsional yang sama untuk mengatur, mengelola serta mencapai tujuan bersama terhadap pemerintahan suatu negara. Fungsi sistem pemerintahan sendiri adalah sebagai tombak negara dalam menerapkan norma dan tata hukum yang berlaku agar terciptanya negara yang adil dan makmur.


Sistem pemerintahan menurut ahli ialah sebuah organisasi kenegaraan yang melakukan fungsi dan wewenang atas suatu negara yang dikelolanya. Indonesia menganut sistem pemerintahan presidensial. Dimana sistem ini menjalankan aktivitas kenegaraan yang diawasi oleh lembaga pemerintahan yakni eksekutif, legislatif, dan yudikatif.


Macam-macam sistem pemerintahan

Macam-macam sistem pemerintahan dibagi menjadi tiga yaitu : Sistem Pemerintahan Presidensial, Sistem Pemerintahan Parlementer dan Sistem Pemerintahan Campuran. Ketiganya memiliki arti, fungsi dan ciri berbeda yang disertai pengawasan langsung oleh rakyat.


1. Sistem Pemerintahan Presidensial

Sistem pemerintahan presidensial merupakan sistem dimana presiden dan wakilnya bertanggung jawab penuh atas pemerintahan. Sistem ini melakukan pemisahan kekuasaan antara eksekutif dan legislatif dengan sistem pemisahan kekuasaan secara tegas. 


2. Sistem Pemerintahan Parlemen

Sistem pemerintahan parlemen adalah sistem pemerintahan yang memposisikan parlemen untuk memiliki kekuasaan penuh terhadap pengawasan eksekutif. Sistem pemerintahan ini dinilai lebih fleksibel karena sepanjang lembaga parlemen terus memberi dukungan terhadap eksekutif maka eksekutif dapat terus bekerja dan tidak ada pembatasan masa jabatan yang pasti


3. Sistem Pemerintahan Campuran

Sistem pemerintahan campuran menganut kedua sistem pemerintahan sebelumnya yakni presidensial dan parlemen. Sistem ini mengutamakan fungsi ganda presiden dengan berbagi kekuasaan kepada perdana menteri.


Pada sistem pemerintahan campuran presiden bertanggung jawab kepada pemerintah domestik yang langsung ditunjuk oleh perdana menteri. Sistem pemerintahan campuran langsung dipilih oleh rakyat dan rakyat berhak mengutarakan opini terhadap kinerja lembaga pada suatu negara.


Demikianlah pembahasan mengenai sistem pemerintahan dan macam-macam sistem pemerintahan, semoga bermanfaat ya😊


Silahkan masukkan email kalian dikolom paling bawah blog ini dan klik berlangganan agar kalian mendapatkan notifikasi update artikel terbaru dari di pmpblombonga.com.

Post a Comment for "Pengertian dan Macam-Macam Sistem Pemerintahan Terhadap Lembaga Negara"