-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Bencana Alam Dahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

PMPBLombonga, 4 Bencana Alam Dahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia – Bencana alam merupakan salah satu peristiwa yang terjadi disebabkan oleh faktor alam. Bencana alam juga sangat memberikan dampak yang sangat buruk terhadap kehidupan manusia. Karena akan ada banyak sekali kerusakan yang ditimbulkan.

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali bencana yang terjadi di dunia. Ada yang memberikan dampak kecil dan juga yang memberikan dampak yang sangat besar. Jika bencana alam sudah terjadi, manusia hanya bisa pasrah dan berusaha untuk mencari tempat yang jauh lebih aman untuk bisa menyelamatkan diri.

Bencana Alam Dahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

Bencana Alam Dahsyat
ilustrasi bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia

Dunia ternyata pernah mengalami banyak sekali bencana dahsayat, salah satunya adalah bencana gempa bumi yang terjadi di Haiti pada tahun 2010 silam. Kira-kira apa saja ya bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia? Berikut adalah daftar bencana terdahsyat versi pmpblombonga.

Baca Juga : Fenomena Alam Teraneh Di Dunia

1. Gempa Bumi Tanghsan, Tiongkok Tahun 1976

Gempa bumi Tangshan, Tiongkok yang terjadi pada tahun 1976 merupakan bencana alam dahsyat pertama yang pernah terjadi di dunia. Dapat dikatakan juga bahwa gempa bumi yang sangat dahsyat ini sangat berdampak fatal bagi Tangshan dan juga Tianjin. Setidaknya ada lebih dari 655.000 jiwa meninggal akibat guncangan gempa berkekuatan 7.8 magnitudo ini.

Gempa bumi tersebut terjadi pada saat hampir seluruh warga sedang terlelap tidur, yakni sekitar pukul 03:42 dini hari. Bencana alam ini juga mengakibatkan hampir seluruh bagian kota Tangshan lumpuh total. Tim penyelamat juga tidak dapat bergerak cepat untuk melakukan tugasnya dengan baik.

2. Gempa Bumi Haiti Tahun 2010

Tidak hanya di Tangshan, Tiongkok saja, gempa bumi hebat juga pernah melanda Haiti pada tahun 2010 dan masuk ke dalam salah satu bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia. Guncangan gempa berkekuatan 7 magnitudo tersebut telah menghilangkan 316.000 jiwa. Padahal, Haiti masih dalam tahap pemulihan akibat badai tropis yang sebelumnya terjadi pada tahun 2008.

Belum lama dalam memulihkan negaranya, Haiti harus menerima kenyataan yang sangat pahit. Bencana alam dahsyat kembali menerjang dan mengakibatkan Haiti mengalami krisis yang sangat berat. Alhasil Haiti membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat memulihkan keadaan menjadi lebih baik.

3. Topan Bhola, Bangladesh Tahun 1970

Selain kedua bencana alam di atas, Topan Bhola yang melanda Bangladesh pada tahun 1970 juga masuk ke dalam daftar bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia. Dapat dikatakan juga bahwa Bangladesh merupakan salah satu negara yang paling sering dilanda bencana alam. Mulai dari angin topan, banjir, gempa bumi, dan juga tsunami.

Tidak ada data yang pasti mengenai korban jiwa akibat bencana alam tersebut. Namun menurut perkiraan setidaknya ada lebih dari 500.000 jiwa yang meninggal. Topan Bhola juga menghilangkan hampir setengah populasi di suatu distrik yang ada di Bangladesh. 

4. Banjir Sungai Kuning, Tiongkok Tahun 1887

Banjir yang terjadi di Sungai Kuning, Tiongkok pada tahun 1887 silam tampaknya juga menjadi bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia. Hal ini disebabkan karena banjir yang melanda Sungai Kuning merenggut lebih dari 900.000 jiwa dan tercatat sebagai bencana alam yang memakan korban jiwa terbanyak di dunia.

Baca Juga : Cara Mencegah Banjir Dengan Bijak

Sungai tersebut memang dikatakan sangat rawan karena posisinya dikelilingi oleh daratan yang terbilang sangat rendah. Oleh karenanya jika terjadi masalah pada tanggul, maka daerah yang berada di sekitarnya akan terkena banjir bandang.

Itulah sekilas ulasan tentang 4 bencana alam dahsyat yang pernah terjadi di dunia versi pmpblombonga.com. Semoga bisa memberikan manfaat dan juga wawasan bagi Anda semua yang membacanya.

Terimakasih telah membaca artikel di pmpblombonga.com. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share keteman-teman kalian ya.😊

Post a Comment for "4 Bencana Alam Dahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia "