-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ruang Baca Kreatif Desa Mapane Tambu : Kreativitas Tanpa Batas

Ruang Baca Kreatif Desa Mapane Tambu : Kreatifitas Tanpa Batas

PMPB Lombonga, Ruang Baca Kreatif - Ruang baca pada umumnya di sebut sebagai perpustakaan atau tempat untuk menggali suatu informasi yang berasal dari referensi tertentu yang berada diruangan tersebut. Ruang baca sendiri banyak digemari oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan dari berbagai sumber buku yang ada. Dengan banyak membaca seseorang akan mendapatkan hal-hal baru serta motivasi-motivasi tertentu yang ia peroleh dari buku yang dibacanya. 


Peresmian Rumah Baca Kreatif Desa Mapane

Ruang Baca Kreatif Desa Mapane Tambu

Sedikit berbeda dari ruang baca biasanya, desa Mapane Tambu yang berada di Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala mendirikan sebuah ruang baca yang diberi nama Ruang Baca Kreatif yang diresmikan langsung oleh Kepala Desa Mapane Tambu yaitu Bapak Hasbi,S.Ag pada tanggal 28 oktober 2020. Tentunya tidak tanpa alasan memberi nama tersebut.

Baca Juga : Peresmian Rumah Baca Kencana Desa Lombonga


Tujuan Pendirian Ruang Baca Kreatif

Ruang Baca Kreatif Desa Mapane Tambu

Ruang Baca Kreatif yang diresmikan bertepatan dengan hari sumpah pemuda ini bukan hanya digunakan sebagai tempat untuk membaca atau sekedar mencari informasi-informasi dari buku-buku yang ada, akan tetapi Ruang Baca Kreatif ini juga digunakan untuk  mengajak anak- anak yang berada di desa tersebut untuk belajar bersama dengan memberikan materi-materi dasar yang dapat mengasah kemampuan yang dimiliki seorang anak, Seperti memberikan materi bimbingan konseling islam, adab dan tata krama, matematika dasar, sains, kesenian, bahasa inggris, dan masih ada beberapa materi lainnya yang diajarkan. 

Apalagi ditengah pandemi seperti ini tentu dengan hadirnya ruang baca ini  sangat membantu anak-anak yang rindu ingin bersekolah. 


Ruang Baca Kreatif Sebagai Wadah Hasil Karya Anak-anak dan Pemuda

Bukan hanya itu, ruang baca ini  juga digunakan sebagai tempat untuk menciptakan hasil karya anak-anak serta pemuda-pemudi di desa tersebut baik itu berupa gantungan kunci, bros, konektor masker dan beberapa jenis karya tangan lainnya yang mempunyai nilai jual beli yang kemudian di pasarkan melalui online maupun ditawarkan kepada masyarakat sekitar. 

Adapun hasil penjualan dari karya tangan tersebut akan didonasikan ke Ruang Baca Kreatif untuk memenuhi kebutuhan belajar serta keperluan lainnya yang di butuhkan.

Baca Juga : Sejarah Terbentuknya PMPB Desa Lombonga


Ruang Baca Kreatif Untuk Meningkatkan Minat Baca Warga

Menurut Lis Andriani S.Pd selaku pengelola Ruang Baca Kreatif mengatakan bahwa tujuan dibangunnya Ruang Baca Kreatif ini untuk meningkatkan minat baca warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa serta menjadikan Ruang Baca sebagai tempat mengasah kemampuan dan kreatifitas anak. 

Ruang baca kreatif sendiri terbuka untuk umum, jadi tidak ada batasan bagi orang-orang yang berada di luar Desa Mapane Tambu datang berkunjung di Ruang Baca Kreatif.

Baca Juga : Luangkan Waktu 30 Menit Sehari Untuk Membaca


Semoga dengan adanya ruang baca ini dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai modal daya saing serta menggali potensi-potensi dan bakat anak-anak yang berada di Desa Mapane Tambu. Aamiin.


#Salam Literasi
#Kreativitas tanpa batas


Penulis : Darmawati, S.Pd

Post a Comment for "Ruang Baca Kreatif Desa Mapane Tambu : Kreativitas Tanpa Batas"