-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Banyak yang tidak Peduli 4 Penyebab Terjadinya Banjir Bandang Berikut ini

PMPB Lombonga, 4 Penyebab Terjadinya Banjir Bandang – Sama seperti banjir pada umumnya, banjir bandang juga merupakan salah satu bencana alam yang biasanya terjadi karena tingginya intensitas air hujan. Bedanya, volume air yang ada pada saat banjir bandang jauh lebih besar. Bahkan dapat menenggelamkan pemukiman serta melumpuhkan aktivitas manusia.

Banjir Bandang
ilutrasi Penyebab Terjadinya Banjir Bandang


Hingga saat ini banjir masih menjadi masalah yang belum pernah terselesaikan. Contohnya saja seperti di Indonesia. Banjir yang terjadi sangat sering sekali merenggut nyawa masyarakat yang terdampak. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya banjir bandang yaitu karena penebangan pohon secara liar.

Banjir merupakan salah satu kondisi yang terjadi pada saat curah hujan yang sangat tinggi menyebabkan meluapnya air. Hal ini juga disebabkan karena tanah maupun daratan tidak dapat menyerap air dengan baik. Tidak hanya itu saja, hambatan yang ada pada aliran sungai seperti sumbatan sampah juga menjadi pemicu terjadinya banjir.

Penyebab Terjadinya Banjir Bandang

Lalu apa sajakah penyebab terjadinya banjir bandang? Banjir bandang bisa datang kapan saja dan dimana saja melalui beberapa penyebab. Dan berikut adalah beberapa penyebabnya.

Baca Juga : Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Di Dunia

1. Curah Hujan yang Sangat Tinggi

Penyebab terjadinya banjir bandang yang pertama yaitu karena curah hujan yang sangat tinggi. Tingginya curah hujan akan sangat berdampak pada peningkatan debit dan juga volume air yang ada di daratan. Terlebih jika area resapan air tidak sempurna. Tentu air akan meluap dan akan menyebabkan terjadinya banjir bandang.

Apalagi jika lokasi dari terkumpulnya air berada pada daerah yang lebih tinggi, tentunya akan memberikan dampak yang sangat buruk dan dapat menghancurkan semua kehidupan yang ada di bawahnya. Oleh karenanya, senantiasalah memastikan agar resapan air terjaga dengan baik agar ketika hujan turun, air dapat diresap dengan sempurna. Ini juga merupakan salah satu langkah yang sangat tepat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir bandang.

2. Bangunan di Daerah Resapan Air

Selain curah hujan yang sangat tinggi, bangunan di daerah resapan air juga bisa menjadi pemicu terjadinya banjir bandang. Resapan air akan hilang apabila sudah banyak sekali bangunan di daerah yang seharusnya menjadi lokasi resapan air.

Hal ini tentunya akan menimbulkan aliran air yang sangat besar dan juga kencang saat hujan deras datang. Air tidak akan bisa diserap karena area resapan air sudah hilang akibat bangunan yang ada pada area yang seharusnya menjadi lokasi resapan air.

3. Terlalu Sering Membuang Sampah Sembarangan

Penyebab terjadinya banjir bandang yang selanjutnya yaitu karena terlalu sering membuang sampah sembarangan. Padahal membuang sampah sembarangan sangat memberikan dampak yang sangat buruk terhadap lingkungan. Namun di luaran sana tetap saja banyak orang-orang yang sangat lalai dalam menjaga kebersihan. Contohnya seperti perilaku dalam membuang sampah.

Selain dapat mencemarkan lingkungan, membuang sampah sembarangan juga akan membuat aliran sungai menjadi terhambat jika ada sampah yang tersangkut. Apabila sampah sudah tersangkut, secara otomatis aliran sungai akan terhenti dan volume air yang ada di dalamnya akan semakin besar.

Baca Juga : Cara Mencegah Banjir dengan Bijak

Jika volume air sudah semakin besar, potensi meluapnya sungai pun akan terjadi. Sungai yang meluap dengan sendirinya akan menimbulkan tekanan yang sangat besar. Apalagi jika ditambah dengan curah hujan yang sangat tinggi, tentu akan berpotensi sekali menyebabkan terjadinya banjir bandang.

4. Penebangan Hutan Secara Liar

Penyebab terakhir terjadinya banjir bandang yaitu karena penebangan hutan secara liar. Pohon memiliki fungsi yang sangat besar dalam meresap air yang jatuh ke tanah. Jika air hujan tidak diserap dengan baik tentunya akan meningkatkan resiko terjadinya banjir bandang, terutama jika pusat banjir berada di area perbukitan.

Itulah beberapa penyebab terjadinya banjir bandang. Semoga bisa memberikan manfaat dan juga wawasan bagi Anda semua yang membacanya.

Terimakasih telah membaca artikel di pmpblombonga.com. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share keteman-teman kalian ya.😊

Post a Comment for "Banyak yang tidak Peduli 4 Penyebab Terjadinya Banjir Bandang Berikut ini"