-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia, Gunung Krakatau Salah Satunya.

PMPBLombonga, 3 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia – Berdasarkan catatan United States Geological Survey atau USGS, struktur bumi yang berada di wilayah inti bagian luar sampai ke mantel bumi terdiri atas banyak batuan mencair yang disebabkan karena suhu yang sangat panas. Batuan cair tersebut berubah menjadi magma yang terus bergerak naik hingga akhirnya mengisi seluruh ruang magma yang berada di bawah kerak bumi.


Letusan Gunung Berapi
Ilustrasi Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia

Jika magma sudah penuh dan tidak bisa terbendung lagi maka akan keluar sebagai lava. Lava akan keluar melalui gunung berapi. Gunung berapi akan meletus dan mengeluarkan lava. Energi yang dihasilkan akibat letusan gunung berapi juga sangat beraneka ragam, tergantung dari banyaknya magma yang dikandung. Namun biasanya energi yang dihasilkan dari letusan gunung berapi sangatlah masif dan dapat mempengaruhi kehidupan yang ada di sekitarnya.

Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali gunung berapi yang meletus. Bahkan ada yang letusannya sangat dahsyat hingga melenyapkan sebuah kota. Dan berikut adalah beberapa letusan gunung berapi terdahsyat di dunia.

1. Letusan Gunung Vesuvius

Vesuvius merupakan salah satu gunung yang terletak di Italia dan sudah meletus sebanyak 50 kali. Letusan terdahsyat terjadi pada tahun 79 masehi. Dalam catatan sejarah, letusan gunung Vesuvius merupakan salah satu letusan gunung berapi paling hebat sepanjang sejarah manusia. Hal ini karena letusan yang ditimbulkan menghancurkan kota yang ada di Italia, yakni Pompeii.

Saat ini Pompeii menjadi kota yang sangat bersejarah karena telah lenyap dan terkubur dalam abu vulkanik letusan gunung Vesuvius. Setidaknya ada sekitar 16.000 orang yang tewas akibat letusan gunung tersebut. Abu panas beracun yang bergerak dengan kecepatan 140 km/jam akan membuat siapa saja terkubur hidup-hidup tanpa adanya jalan untuk selamat.

2. Letusan Gunung Tambora

Gunung Tambora meletus pada bulan April tahun 1815 dan menjadi salah satu letusan gunung berapi paling mematikan di dunia. Hal ini karena dampak yang ditimbulkan sangatlah besar. Korban jiwa akibat letusan Gunung Tambora tercatat lebih dari 90.000 jiwa. 10.000 jiwa meninggal secara langsung dan 80.000 jiwa meninggal karena kelaparan.

Letusan Gunung Tambora membuat tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik. Alhasil hal tersebut sangat mempengaruhi jumlah pasokan pangan yang ada di dunia. Kondisi terparah terjadi pada tahun 1816 dimana setelah letusan Gunung Tambora sinar matahari sangat sulit sekali untuk dapat menjangkau permukaan bumi.

Tahun tanpa musim panas pun terjadi. Cuaca dingin yang terjadi pada saat itu membuat pertanian dan peternakan mati secara perlahan. Tercatat suhu yang ada pada saat itu mencapai 3 derajat celcius. Karena hal tersebut banyak orang mengalami kelaparan yang cukup parah.

3. Letusan Gunung Krakatau

Dalam sejarah manusia modern, letusan Gunung Krakatau dianggap sebagai letusan gunung berapi paling dahsyat yang pernah terjadi sepanjang peradaban manusia. Gunung Krakatau meletus pada bulan Agustus tahun 1833. Setidaknya ada lebih dari 40.000 korban jiwa akibat letusan gunung tersebut.

Suhu rata-rata di dunia menjadi lebih dingin daripada biasanya. Letusan Gunung Krakatau juga terdengar sangat jelas hingga ke Australia, bahkan dalam radius sejauh 4.500 km. Letusan Gunung Krakatau merlontarkan material ke angkasa sejauh 40 km dengan kecepatan mencapai 100 km/jam. Letusan yang dihasilkan dari Gunung Krakatau juga memiliki kekuatan ribuan kali lebih dahsyat jika dibandingkan dengan bom atom yang ada di Hirosima.

Demikianlah sekilas ulasan tentang 3 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia. Semoga dengan ulasan diatas bisa memberikan manfaat dan juga dapat menambah wawasan bagi Anda semua yang membacanya.

Terimakasih telah membaca artikel di pmpblombonga.com. Jika kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share keteman-teman kalian ya.😊

Post a Comment for "3 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat di Dunia, Gunung Krakatau Salah Satunya."