-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Anak Memakai Masker Saat Keluar Rumah

Tips Agar Anak Memakai Masker Saat Keluar Rumah
Tips Agar Anak Memakai Masker


Balaesang, PMPB Lombonga-Salah satu upaya pencegahan terbaik yang dapat dilakukan Selama masa pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan masker. Oleh karena itu pemerintah saat ini mewajibkan agar setiap orang menggunakan masker jika ingin bepergian ke luar rumah.  Aturan ini juga berlaku pada anak-anak prasekolah atau anak usia dini yang juga keluar rumah bersama orang tuanya. 

Namun sayangnya, orang tua terkadang kesulitan untuk memakaikan masker pada anaknya saat keluar rumah terlebih jika mereka menggunakannya untuk waktu yangcukup lama, contohnya saat bermain  atau berada di sekolah.


Bagaimana cara membujuk anak usia dini agar memakai masker saat keluar rumah?

"Melansir dari instagram @paudpedia, akun resmi Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Selasa (15/9/2020)".

Berikut ini merupakan tips yang dapat dilakukan agar anak mau menggunakan masker ketika keluar rumah.


1. Biarkan anak memilih maskernya sendiri

Tips pertama yang dapat dilakukan yaitu memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih maskernya sendiri yang ingin dia gunakan. Berikan pilihan warna, corak atau motif yang dia sukai.


2. Kenalkan masker melalui metode bermain

Tips kedua yaitu gunakan permainan pura-pura untuk membantu membiasakan anak-anak menggunakan masker. Ajaklah anggota keluarga yang lain dalam permainan.


3. Berikan penjelasan pentingnya menggunakan masker

Jelaskan kepada anak alasan kenapa setiap orang wajib menggunakan masker dan pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah di masa pademi covid-19. Berikan penjelasan yang mudah dan tidak menakut-nakuti anak.


4. Membuat kesepakatan 

Buatlah kesepakatan bersama anak untuk menggunakan masker apabila hendak keluar rumah atau bepergian ke tempat umum.


5. Pilih bahan masker yang nyaman

Sebisa mungkin untuk memilih bahan kain masker yang nyaman digunakan anak-anak, ini bertujuan agar anak betah/nyaman saat menggunakan masker  diluar rumah. 


6. Ingatkan anak apabila melepaskan masker

Melakukan pengawasan terhadap anak ketika beraktivitas diluar rumah. Ingatkan anak apabila melepaskan masker. Seperti yang kita ketahui bahwa anak-anak memiliki pengendalian diri yang terbatas.


Demikianlah beberapa tips yang dapat dikakukan agar anak memakai masker saat keluar rumah. Semoga dengan menerapkan tips ini, anak-anak akan terbiasa menggunakan masker. 


PMPBLombonga.com membuka kesempatan bagi kalian yang ingin berkontribusi dalam bentuk artikel untuk diterbitkan di website ini. Jadi tunggu apalagi, ayo salurkan bakatmu segera! Cara berkuntribusi.


#cegahcorona
#pakaimasker

Penulis : Try gusmawan

Sumber : ig_ @paudpedia

1 comment for "Tips Agar Anak Memakai Masker Saat Keluar Rumah"